SEKILAS INFO
: - Sabtu, 01-10-2022
  • 3 tahun yang lalu / Selamat datang di website SMK Informatika Komputer Ampana Kota informasi sekolah dapat anda dapatkan pada sebsite ini semoga bermanfaat.

Teknik Komputer dan Jaringan atau biasa di singkat TKJ merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami tentang ilmu komputer yang berbasis pada hadware dan jaringan komputer. Pembelajaran dan Kurikulum TKJ mulai mengalami perubahan sejak kurikulum 2013 SMK di kembangkan TKJ lebih mengarahkan siswa ke Networking Engineering. Dimana iswa TKJ akan di arahkan untuk belajar mendesain sebuah jaringan dimulai dari topologi, sistem operasi jaringan yang digunakan, monitoring networking, sistem keamanan jaringan, trabelsuting jaringan dan Lain-lain

Apa saja yang dipelajari di jurusan TKJ?

1. Memahami standarisasi jaringan komputer OSI Layer 7

OSI Layer dibuat oleh ISO agar perangkat jaringan dengan merek yang berbeda dapat berkomunikasi. Misalnya router Cisco dan Nokia. Dengan memahami OSI layer ini, seorang Network Engineer bisa membuat berbagai perangkat saling terhubung. Melakukan instalasi kabel dan konfigurasi router serta switch. Nah, meskipun osi layer ini terdapat 7 lapisan, biasanya seorang Network Engginering lebih banyak bekerja pada layer 1 (physical), layer 2 (data link), dan layer 3 (network).

2. Subnetting IP

Subnetting IP diperlukan untuk membagi jaringan menjadi beberapa sub jaringan yang lebih kecil sesuai kebutuhan perusahaan agar penggunaan IP lebih efisien. Seorang NE harus memahami cara melakukan subnetting IP sebagai penyedia layanan jaringan pada suatu perusahaan agar kebutuhan internet dalam perusahaan tersebut dapat terpenuhi.

3. Teknik Switching

Switching digunakan untuk menghubungkan lebih banyak host atau perangkat di dalam satu jaringan. Satu perangkat switch memiliki beberapa port untuk koneksi fisik yang dapat membuat banyak host dalam satu jaringan saling terhubung. Terdapat 2 teknik switching, yaitu VLAN dan Trunking. VLAN dan Trunking saling berhubungan, VLAN digunakan untuk mengelompokkan host dalam satu jaringan agar dapat berkomunikasi. Trunking digunakan untuk menghubungkan host antar VLAN atau berbeda jaringan.

4. Routing

Routing adalah proses pembuatan jalur pengiriman data dalam bentuk paket untuk masing-masing router. Terdapat 2 jenis routing yang sering digunakan, static dan dynamic routing.

Static routing yaitu proses membuat jalur jaringan secara manual sesuai yang diinginkan Network Engineer. Dynamic routing adalah proses membuat jalur jaringan secara otomatis sesuai pengaturan routing dinamis yang akan digunakan berdasarkan link state dan distance vector.

Lokasi Sekolah